Contoh PTK Matematika kelas 6 SD Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Pengukuran Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas 6 SDN___

Advertisement
advertisement


Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah pada pembelajaran matematika kelas 6 di SDN _______ dengan materi pengukuran menunjukkan kurangnya siswa memahami materi tersebut. Hal ini terlihat dari 33,33% atau 6 siswa saja yang baru mencapai kriteria ketuntasan minimal dari 18 siswa yang ada dengan nilai rata-rata baru mencapai 56,94. Kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan adalah sebesar 70.
 Dari latar belakang masalah tersebut kemudian dirumuskan masalah sebagai berikut: Apakah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pengukuran siswa kelas 6 SD Negeri _______ _______  Tahun Pelajaran _______?

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan pokok bahasan pengukuran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas 6 SD Negeri _______ _______  Tahun Pelajaran _______  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN _______ yang berjumlah 18 terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. 

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Data dan cara pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi guru dan siswa untuk mencari data kualitatif serta instrumen tes yang diberikan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sebagai data kuantitatif. Data kualitatif dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil tes formatif masing-masing siklus. 

Hasil penelitian dari masing-masing siklus meningkat. Pada pembelajaran pra siklus, jumlah siswa tuntas 6 atau 33,33% dan yang belum tuntas 12 siswa 66,66% rata-rata klasikal 56,94. Kemerosotan pada tahap awal atau pra siklus tersebut karena guru dalam melaksanakan pembelajaran belum menggunakan metode yang sesuai, untuk itu dilakukan perbaikan pembelajaran siklus selanjutnya. Perbaikan pembelajaran siklus I dengan menggunakan metode pemecahan masalah, hasil belajar meningkat dengan jumlah siswa tuntas 9 siswa dengan rata-rata sebesar 61,39. Tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode pemecahan masalah yang lebih sempurna, jumlah siswa tuntas meningkat 17 siswa dengan rata-rata siklus II ini sebesar 77,50. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar pokok bahasan pengukuran siswa kelas 6 SD Negeri Sumur 03Tahun Pelajaran _______ _______
Advertisement
advertisement
Contoh PTK Matematika kelas 6 SD Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Pengukuran Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas 6 SDN___ | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar