Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
IPA siswa kelas IV SD Negeri _______Semester I tahun pelajaran _______melalui
metode eksperimen dengan pendekatan CTL. Hasil belajar IPA siswa kelas IV SD
Negeri _______masih rendah karena guru belum menggunakan pembelajaran yang
menarik. Selama ini guru di SD Negeri _______hanya menggunakan pembelajaran
yang biasa sehingga menimbulkan kejenuhan pada siswa.
Dalam penelitian ini,
penulis memilih suatu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk
belajar IPA dengan mudah, yakni melalui metode eksperimen dengan pendekatan
pembelajaran CTL. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan
Kelas. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri _______ semester I tahun pelajaran _________.
Contoh PTK IPA kelas 4 SD Upaya Meningkatkakan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen dengan Pendekatan CTL Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri
Model PTK yang digunakan adalah
model target dengan dua siklus dan langkah-langkah mulai dari perencanaan,
implementasi, dan observasi sampai dengan refleksi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen dan
pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD ______.
Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase ketuntasan nilai
siswa saat pembelajaran IPA tes awal, siklus 1 dan siklus 2. Hal ini nampak pada
1, Prosentase ketuntasan kelas IV saat pembelajaran belum menggunakan metode
eksperimen dengan pendekatan pembelajaran CTL adalah 29,26 % . 2. Saat siklus
1, prosentase ketuntasan kelas IV mengalami kenaikan menjadi 75,60 %. 3.
Prosentase ketuntasan pada siklus 2 kelas IV naik menjadi 100 %, artinya pada
siklus 2 sudah semua siswa kelas IV tuntas.
0 komentar:
Posting Komentar